Air Sejati, The Thinking Sport : Fun Orienteering

Layanan: Jasa Fasilitasi dan Pelatihan

Ini adalah Wiracarita, epos, tentang seratus dua puluh pejuang tangguh dari persada bumi yang sedang galau oleh mahakemarau. Mereka bahu membahu berjibaku, menjelajahi wilayah antah berantah, memecahkan misteri dan sandi-sandi, pantang menyerah meski dirintang berbagai alang demi menemukan AirSejati yang sangat dibutuhkan segenap mahluk untuk kembali menghijaukan sang bumi. Semua potongan informasi tentang AirSejati harus mereka temukan selekasnya. Kelak pada tenggat yang telah ditentukan mereka harus mampu menyusun potongan-potongan itu menjadi bangunan utuh, agar AirSejati dapat ditemukan.

Penabulu yang berdiri sejak tahun 2002 dan mendedikasikan diri untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan sektor publik di Indonesia dengan visi terciptanya pengelolaan keuangan publik yang bersih, transparansi dan akuntabel. Sejak tahun 2003 sampai saat ini secara reguler, Penabulu telah menyelenggarakan seminar, lokakarya, workshop dan pelatihan penguatan kapasitas pengelolaan keuangan bagi LSM, Koperasi dan UKM.

Sama tetapi tak serupa, Penabulu menghadirkan suatu kegiatan dengan metode The Thinking Sport : Fun Orienteering, apa itu Orienteering? Olahraga keterampilan, kecermatan, sekaligus kecepatan bernavigasi. Peserta (orienteer) harus menempuh suatu route, mengunjungi beberapa titik kontrol dalam route itu dengan urutan tertentu dibantu oleh peta dan kompas. Pemenangnya adalah yang paling cepat menempuh route yang telah ditentukan.

AirSejati adalah nama dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Penabulu, dengan kemasan yang berbeda dan lebih menyenangkan. AirSejati itu apa sih? SPIRIT yang terbangun oleh kegigihan dan ketekunan peserta untuk tak menyerah dalam menguak misteri AirSejati inilah sejatinya AirSejati itu. Dan pembelajaran tentang spirit inilah muatan kegiatan bersenang-senang ini.

Bagaimana sih mekanisme AirSejati? Kegiatan ini dilaksanakan diluar ruangan (outdoor). Dengan alur kegiatan peserta, 120 orang masing-masing dibekali peta kegiatan (berupa peta standar orienteering) dan kompas orienteering. Dan mereka dibagi menjadi 20 regu yang setiap regunya terdiri dari 6 orang. Ketua regu akan membagi peran bagi setiap anggotanya. Ada yang menjadi pemecah sandi, ada yang menjadi scouter (mencari lokasi pos selanjutnya, sementara anggota lainnya menyelesaikan masalah di pos sebelumnya), dan setiap regu mengenakan pengenal yang berbeda dengan regu lain (syal, bendera).

Kemudian ada Kompetisi dan Kerjasama. Potongan puzzle dibuat melebihi jumlah regu (lebih dari 20), sehingga satu regu dapat saja mengumpulkan potongan lebih banyak dari regu lainnya. Yang terbanyak mendapatkan potongan puzzle, dialah yang terbaik (tetap ada kompetisi antar kelompok, bekerja dalam tim kecil). Namun, semua potongan puzzle itu pada akhir kegiatan nanti akan disusun bersama-sama oleh seluruh peserta (kembali bekerja dalam tim besar) untuk memecahkan misteri AirSejati.

Berapa lama sih melakukan kegiatan AirSejati ini? 5 jam kegiatan yang dimulai dengan 1 jam untuk melakukan briefing tentang kegiatan, 3 jam bergerak dengan menuntaskan tantangan dan menemukan semua potongan big puzzle ‘AirSejati’, dan 1 jam sesi penuntasan (menyusun big puzzle) dan sesi memaknai kegiatan. Dalam menuntaskan tantangan, peserta harus melewati 8 pos, yaitu:

  • Pos 1 : Start/ titik awal. Instruksi route yang harus ditempuh oleh setiap regu disampaikan dalam bentuk enkripsi/sandi.
  • Pos 2-7 : Checkpoints. Setiap pos dikelola oleh 5 fasilitator. Terdapat konstruksi alang-rintang disetiap pos 2-7, untuk menemukan petunjuk atau hadiah. Dan tersedia 20 hadiah (sesuai jumlah regu) di setiap pos 2-7, beberapa di antara hadiah itu adalah potongan puzzle.
  • Pos 8 : Finish. Fasilitasi penyusunan puzzle dan sesi memaknai kegiatan.

 
Pun kelaknya, pada saatnya, mereka akan memahami AirSejati itu adalah apa yang mereka bangun selama ini dalam diri setiap mereka sendiri. Tujuan kegiatan AirSejati adalah membangun kerjasama yang baik diantara setiap personal, menciptakan komunikasi dua arah yang efektif, menjadikan setiap pribadi yang tangguh, kreatif serta mampu memecahkan suatu permasalahan dengan bersama-sama.

“it is within you. In every you : the spirit to fight, to never stop exploring nor quit“

AirSejati itu Apa, sih? Selengkapnya bisa dilihat disini.

Jika Anda tertarik untuk memberikan dukungan atau bekerja sama, untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami atau hubungi Yayasan Penabulu dengan detil kontak di bawah ini:

  • ALAMAT

    Yayasan Penabulu
    Komplek Rawa Bambu I
    Jalan D No. 6, Pasar Minggu
    Jakarta Selatan 12520

  • TELEPON/FAX

    Telepon: (021) 78848321
    Fax: (021) 78848321

  • SUREL/WEB

    info@penabulu.or.id
    penabulualliance.org
    Twitter: @YayasanPenabulu