Garuda Indonesia, BNI 46 beserta IBCSD Membangun Pembangkit Listrik Tenaga MicroHidro di Kampung Pakandangan Garut

Mitra: BNI 46, IBCSD, Garuda Indonesia, Rekapala, CV Rizky Control Electrical Enginering
Layanan: Jasa Konsultasi dan Pendampingan

Kamis tanggal 4 Desember 2014 di Kampung Pakandangan, Desa Tegal Gede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diadakan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan penanaman bibit oleh pihak Garuda dan BNI. Rekapala sebagai mitra dari Penabulu beserta Orari (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) dan TDI (Taft Diesel Indonesia) Chapter Garut juga ikut mendukung peresmian PLTMH Pakandangan.

PLTMH ini merupakan program CSR energi bersih yang dilakukan oleh Garuda Indonesia dan BNI 46 sebagai wujud kepedulian energi bersih untuk daerah tertinggal sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Kampung Pakandangan yang hingga kini belum memiliki fasilitas listrik.

Peresmian ini dihadiri oleh Garuda Indonesia, BNI 46, IBCSD dan Wakil Bupati Garut DR. H. Helmi Budiman. Helmi Budiman berkata, ”Pada hari ini kita akan melakukan penanaman pohon sebagai bentuk cinta kita kepada alam,”. Helmi Budiman berpesan kepada warga untuk selalu memelihara bibit pohon yang ditanam,”. Helmi mengaku bahwa tanah yang ada di Garut selatan memang labil.”Kalau di utara kalau kehilangan banyak pohon mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi kalau di selatan karena tanahnya labil, mungkin pengaruhnya akan berat,” ujarnya. Selain wakil Bupati Garut, turut hadir Perwakilan dari Pemerintah Daerah, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Penanggulangan Bencana turut hadir dalam peresmian.

Selain sambutan dari wakil bupati Garut, perwakilan dari BNI pun memberikan sambutan. “Mudah-mudahan dengan penanaman pohon ini bisa memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Perwakilan dari Garuda turut memberikan sambutan. ”Mudah-mudahan Mikrohidronya terus bermanfaat ya,” Ujarnya.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan penanaman simbolis bibit pohon di sekitar Power House oleh Garuda Indonesia, BNI 46, IBCSD dan TDI beserta Kepala Desa dan Ketua RT. Penanaman bibit ini merupakan lanjutan dari acara pendistribusian bibit oleh Paguyuban Budiasi di desa Kadumanggu, kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Kurang lebih ada 6083 bibit yang didistribusikan ke desa Pakandangan, Garut. Bibit itu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu bibit kayu keras dan bibit buah-buahan. Untuk bibit kayu keras terdiri dari 500 bibit mahoni, 1000 bibit jambon putih dan 2000 bibit trembesi. Untuk buah-buahan terdiri dari 200 bibit mangga, 50 bibit nangkadak, 1000 bibit alpukat, 1000 bibit rambutan, 33 bibit duku dan 300 bibit sirsak.

Kontraktor pembangunan PLTMH ini dipercayakan kepada CV Rizky Control Electrical Engineering (RCE). Jembatan3 sebagai salah satu unit dari Penabulu Alliance mendukung proyek ini dengan melakukan pendampingan pengelolaan keuangan proyek dan pendampingan pengelolaan teknis termasuk dalam hal perencanaan program dan supervisi pelaksanaan studi kelayakan.