Lingkungan Bersih, Anak Kampung Sehat

Layanan: Jasa Fasilitasi dan Mediasi

Deklarasi Umum Hak Azasi Manusia (DUHAM) & Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goal, MDG) menyatakan bahwa  Kesehatan adalah hak dasar setiap manusia dan Indonesia sudah menandatangani kesepakatan tersebut. Selain itu, pemerintah mencanangkan perilaku sehat yang tertuang dalam visi pembangunan kesehatan ”Indonesia sehat 2010”: masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya yang hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku sehat.

Pendidikan kesehatan amat diperlukan oleh kelompok masyarakat tertentu, terutama masyarakat yang rentan berhadapan dengan permasalahan kesehatan secara serius.

Pendidikan kesehatan merupakan ”behavioral investment” dengan tujuan: penerapan konsep pendidikan di bidang kesehatan, untuk membantu individu dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan (perilaku) mereka untuk mencapai kesehatan secara optimal.

Anak Wayang Indonesia (AWI) saat ini mendampingin masyarakat pinggiran sungai Code, yang harus menghadapi permasalahan kesehatan yang cukup serius. Dikarenakan lingkungan tempat tinggal mereka adalah lingkungan kampung yang sangat padat, sangat dekat dengan sungai, sehingga menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Selain itu, kurangnya fasilitas kesehatan yang dapat diakses oleh mereka dan rumah yang saling berhimpit, tidak memiliki ventilasi yang memadai, sinar matahari yang sulit menjangkau ruang dalam rumah, mereka masih banyak yang menggunakan kamar mandi umum dan sumber air bersama di kampung.

Permasalahan kesehatan sangat berimbas bagi kehidupan, dan proses tumbuh kembang anak.

Anak sebagai ujung tombak siklus kehidupan masyarakat, mendapatkan dampak yang besar karena permasalahan kesehatan yang dihadapinya. Permasalahan-permasalahan itu diperoleh melalui penanaman pola perilaku dan lingkungan rumah yang tidak sehat, serta minimnya akses pada fasilitas kesehatan.

Tujuan Program

  • Anak mencapai tingkat kualitas hidup yang optimal, aktif serta kritis dalam penerapan pola hidup sehat.
  • Anak-anak sadar, paham dan aktif menerapkan dasar-dasar pengetahuan mengenai menjaga kesehatan dan mencegah penyakit untuk diri pribadi.
  • Anak-anak aktif menjaga dan memelihara lingkungan di sekitar mereka.
  • Anak-anak mengerti dan mampu menggunakan obat-obatan sederhana, alami dan tradisional.
  • Anak-anak memiliki referensi mengenai berbagai hal yang menyangkut permasalahan kesehatan dasar.
  • Anak-anak berpartisipasi untuk memberikan rekomendasi untuk kebijakan kampung.
  • Terdiseminasinya pesan mengenai pentingnya menjaga kesehatan, dan pentingnya upaya pencegahan penyakit.
  • Tersedianya fasilitas kesehatan kampung yang dapat diakses oleh semua warga : Rumah Sehat Kampung.

 
Kegiatan

  • Melakukan pendidikan tentang pola hidup sehat. Melalui, seri obrolan soal kesehatan, membuat alat-alat kampanye/ promosi dan menerbitkan media sebagai kegiatan sosialisasi gagasan dan ulasan permasalahan yang berkaitan tentang kesehatan (newsletter).
  • Ubah pola perilaku, Melalui Dokter kecil, Pemeriksaan kesehatan rutin di Rumah Sehat Kampung, Gerakan Lingkungan bersih, Pemilahan sampah, Daur ulang sampah, Komposisasi, Gerakan tanam pohon, dan Apotik Hidup.

 
Rencana Keberlanjutan Program

Kemandirian dari warga kampung untuk meneruskan proses pendidikan dan menjaga kesehatan anak-anak di wilayah tersebut.

Warga kampung mampu mengelola kondisi kampung mereka agar dapat menghadapi berbagai potensi penyakit yang muncul di lingkungan mereka.

Jika Anda tertarik untuk memberikan dukungan atau bekerja sama, untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami atau hubungi Anak Wayang Indonesia dengan detil kontak di bawah ini:

  • ALAMAT

    Anak Wayang Indonesia:
    Jl. Bintaran Tengah No.1 Wirogunan, Mergangsan Yogyakarta Indonesia 55151

  • TELEPON/FAX

    Telepon: (0274) 377955
    Fax: (0274) 377955

  • SUREL/WEB

    awi_friendship@yahoo.com
    www.awi.or.id