Pembangunan PLTMH di Desa Pakandangan, Kabupaten Garut

Mitra: IBCSD, BNI 46, Garuda Indonesia, CV. Rizky Control Electrical Engineering
Layanan: Jasa Konsultasi dan Pendampingan

Bekerjasama dengan IBCSD dengan dukungan pendanaan CSR dari BNI 46 dan Garuda Indonesia, Jembatan Tiga kembali melaksanakan pembangunan PLTMH (Pembangunan Listrik tenaga Mikro Hidro) Kampung Pakandangan adalah sebuah kampung yang secara administratif merupakan salah satu kampung Desa Tegal Gede, Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut.

Kampung Pakandangan merupakan kampung ditengah area perkebunan karet yang dikelola oleh PT. CONDONG. Sebelum menjadi sebuah perkampungan, Kampung Pakandangan dulunya merupakan hutan yang rimbun dan lebat dengan ukuran kayu keras yang mencapai diameter 1m dan masih banyak hewan jenis primata dan hewan buas lain yang hidup di hutan Pakandangan, menurut cerita warga Pakandangan kenapa disebut Pakandangan (bahasa sunda) arti dalam Bahasa Indonesia “Sebuah Kandang”.

Kampung Pakandangan merupakan kampung yang berada di daerah wilayah perbukitan di sebelah selatan Kabupaten Garut dengan ketinggian antara 500-600m dpl (di atas permukaan laut). Sebagian besar wilayah adalah lereng bukit dengan kemiringan antara 100-800. Di sebelah barat di batasi oleh Sungai Cinaringgul yang sekaligus menjadi batas dengan perkebunan karet, dan di sebelah timur dengan Sungai Cimari yang merupakan Anak Sungai Cikandang, juga sekaligus menjadi batas administratif dengan Wilayah Kecamatan Cikelet.

Akses menuju Kampung Pakandangan melalui jalur perkebunan Condong. Dengan kondisi medan tanah persawahan yang berbukit dan berbatu harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan 4WD atau menggunakan motor Trail dan melewati 2 aliran sungai untuk mencapai lokasi sejauh 5 km dan waktu tempuh sekitar 40 menit.

J4Lokasi yang terletak pada koordinat S7.52221 Lintang Selatan dan E107.662587. Bujur Timur ini, teridentifikasi memiliki potensi energi air yang bisa digunakan oleh masyarakat kampung Pakandangan.

Di Kampung Pakandangan ada 2 sungai, Sungai Cinaringgul dan Sungai Cimari. Sungai Cinaringgul merupakan sungai kecil yang menjadi batas antara perkampungan dan perkebunan karet, sementara Sungai Cimari merupakan Anak Sungai Cikandang.

Pada prinsipnya warga kampung Pakandangan ini telah mengetahui pola kerja Microhydro hal ini terbukti oleh adanya turbin sederhana yang dibuat oleh warga untuk penerangan. Tetapi daya dari turbin sederhana ini hanya cukup untuk 1 lampu dengan daya 10 Watt saja.

Tentu saja ini tidak akan cukup bagi warga kampung Pakandangan yang sebagian besar adalah petani padi yang membutuhkan energi untuk menjalankan mesin penggilingan padi mereka serta ditambah tidak memiliki akses listrik PLN. Berdasarkan survei, potensi air yang bergerak dari aliran sungai yang berada di kampung Pakandangan dapat menghasilkan tenaga listrik 20 kw dan PLTMH Pakandangan dikembangkan dengan tujuan bagi elektrifikasi 50 rumah yang berada disekitar lokasi. Dengan energi yang dihasilkan dapat membantu petani lebih produktif dalam melakukan berbagai usaha lainnya dalam meningkatkan dan memperoleh pendapatan tambahan bagi penduduk desa.

PLTMH Pakandangan, proyek dengan tujuan peningkatan taraf hidup dan perekonomian sekaligus pelestarian lingkungan melalui energi terbarukan bagi penduduk kampung Pakandangan ini digagas oleh IBCSD dan pembiayaan didukung oleh CSR BNI 46 serta Garuda Indonesia. Kontraktor pembangunan PLTMH ini dipercayakan kepada CV Rizky Control Electrical Engineering (RCE). Jembatan Tiga mendukung proyek ini dengan melakukan pendampingan pengelolaan keuangan proyek dan pendampingan pengelolaan teknis termasuk dalam hal perencanaan program dan supervisi pelaksanaan studi kelayakan.

Tahapan dari proyek ini meliputi studi kelayakan, tahapan persiapan (sosialisasi kepada masyarakat, pembentukan lembaga pengelola dan kesepakatan pengelolaan di tingkat masyarakat), pelaksanaan kontruksi (pekerjaan sipil, mekanisasi listrik, penyambungan jaringan listrik ke rumah-rumah) dan tahapan operasionalisasi (pelatihan teknis, pengoperasian, monitoring, konsultasi dan pengawasan).