Pengembangan Business Plan Usaha Kecil Istri Pengemudi Taksi Blue Bird

Sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi taxi, Blue Bird bersama Jembatan Tiga salah satu unit dari Yayasan Penabulu Alliance, tengah melaksanakan suatu program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi taxi dan Jembatan Tiga berkesempatan memfasilitasi Blue Bird dalam membentuk suatu wadah kegiatan berbentuk UKM yang terdiri dari komunitas istri-istri pengemudi yang mempunyai keahlian dibidang menjahit dan kuliner.

Rangkaian kegiatan program yang sedang berjalan ini diawali dengan training sesi 1 pada minggu kedua bulan April 2014, dengan menyampaikan materi pengertian tentang UKM, Koperasi dan Yayasan oleh Aisyiyah dan Eko Komara sebagai fasilitator. Dan hasil dari training sesi 1 ini Blue Bird ingin membentuk sebuah Yayasan Blue Bird Peduli yang akan menjadi payung besar untuk seluruh kegiatan UKM menjahit serta kuliner bagi istri-istri pengemudi dan membuat bisnis plan untuk mengembangkan tiap UKM yang ada saat ini.

Kemudian minggu ketiga bulan April 2014, Jembatan Tiga kembali memfasilitasi training sesi 2 dengan menyampaikan materi, langkah awal membuat Bisnis Plan yang baik dan tepat bagi istri-istri pengemudi taxi Blue Bird oleh Aisyiyah sebagai fasilitator. Dalam membuat bisnis plan ini para istri-istri pengemudi diajak untuk berdiskusi, menceritakan succes story mereka dan membangun kekuatan serta komitmen bersama dalam rangkaian mengembangkan tiap UKM mereka. Kegiatan ini dilaksanakan di Pull Taxi Blue Bird daerah Kramat Jati Jakarta.

Training sesi 3, Jembatan Tiga akan memfasilitasi istri-istri pengemudi taxi Blue Bird dalam membuat Arus kas (cash flow) yaitu suatu laporan keuangan bagi tiap UKM menjahit dan kuliner untuk mengetahui dan mengontrol kegiatan operasi, transaksi investasi, transaksi pembiayaan serta kenaikan atau penurunan keuntungan bersih pada UKM yang sedang berjalan. Kemudian memfasilitasi presentasi binis plan yang sudah dibuat oleh istri-istri pengemudi hasil dari training sesi 2.

Pada sesi terakhir training 4, istri-istri pengemudi taxi blue bird yang terdiri dari UKM menjahit dan kuliner akan mempresentasikan bisnis plan mereka kepada Management Blue Bird sebagai bentuk hasil dari komitmen mereka dalam mengembangkan UKM mereka sendiri. Menjelaskan tentang unit bisnis mereka, succes story serta arus kas yang sudah mereka dapatkan dari training sesi 3 yang difasilitasi oleh Jembatan Tiga.